Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Tidak bisa disangkal bahwa apartemen merupakan salah satu investasi properti yang menarik. Jika Anda ingin beli apartemen bekas, diperlukan perhitungan yang matang, sebab sebuah apartemen yang memiliki nilai investasi sangat ditentukan oleh lokasi, fasilitas, dan lain-lain.

Kategori untuk membeli apartemen terbagi menjadi dua, apartemen baru dan apartemen bekas (secondary), yang mana keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Membeli sebuah unit apartemen baru biasanya harus menunggu terlebih dulu, bisa beberapa bulan hingga setahun.

Jadi, akan ada waktu yang terbuang selama Anda menunggu pengembang menyelesaikan apartemen tersebut.

Berbeda dengan apartemen bekas karena merupakan apartemen yang pernah ditinggali seseorang. Apartemen ini sudah siap pakai.

Tempat sudah tersedia dan surat-surat pun tinggal pindah tangan.

Meski jatuhnya lebih mahal, jika Anda butuh tempat yang bisa cepat dijadikan hunian keluarga, apartemen bekas dapat menjadi pilihan yang baik.

Memang nilai investasi properti  pada apartemen seken umumnya lebih rendah dibandingkan kondominium atau apartemen baru.

Lingkungan apartemen bekas biasanya sudah terbentuk dan kelengkapan fasilitas sudah tersedia. Sementara apartemen baru, lingkungannya belum terbentuk dan fasilitasnya masih dilengkapi.

Pembentukan lingkungan dan kelengkapan fasilitas dari apartemen baru sangat bergantung pada komitmen pengembangnya.


Untuk itu, terdapat sejumlah tips aman dalam membeli apartemen bekas berkualitas yang harus diteliti dan sangat berbeda bila hanya untuk sewa apartemen.

1. Kondisi Fisik Apartemen
Periksa kondisi fisik bangunan secara cermat dan teliti. Jangan tergiur dengan promo yang ditawarkan. Anda harus teliti terhadap keretakan, cat terkelupas, atau kelembapan dinding yang disebabkan oleh bocornya saluran air dan atap.

Hal ini penting supaya apartemen tersebut tidak hanya layak untuk dijadikan tempat tinggal, juga menguntungkan untuk dijual kembali.

2. Fasilitas yang Diberikan
Amati kelengkapan fasilitas serta lingkungan yang tersedia di apartemen tersebut. Pilihlah apartemen yang berada di lingkungan yang sudah dilengkapi fasilitas, seperti jaringan listrik, air bersih, telepon, dan sarana umum seperti pusat perbelanjaan, taman bermain, rumah sakit, kolam renang, olahraga, dan tempat ibadah.

3. Cermati Lokasi
Pilihlah apartemen bekas yang berada di kawasan lingkungan yang sudah berkembang karena dengan berkembangnya kawasan tersebut, akan meningkatkan nilai investasi dan tentu kenyamanan pemilik apartemen lebih terjamin.

4. Kelengkapan Dokumen
Periksa aspek legalitas dokumen dari apartemen yang Anda pilih, seperti sertifikat hak guna bangun (HGB), surat izin penunjukan dan penggunaan tanah (SIPPT), dan IMB. Periksa dengan seksama dan teliti tentang riwayat apartemen yang ingin Anda beli, apabila ingin terhindar dari masalah di kemudian hari.

Cek juga apakah pembelian apartemen bekas dapat melalui KPR (kredit pemilikan rumah). Apabila bisa, Anda dapat meminta bank melakukan penilaian.