Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Salah satu cara mudah, cepat, dan relatif murah mempercantik teras rumah adalah menempatkan tanaman pot gantung. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam menempatkan pot gantung di rumah Anda ini. Berikut ini tips untuk Anda, yang diambil dari Kompas.

Pertama, pilihlah bentuk dan bahan pembuat pot yang sesuai selera. Paling mudah, Anda dapat membeli pot plastik, tanah liat atau anyaman tambang yang tersedia di pasar swalayan. Apa pun pilihannya, pastikan Anda mengetahui bahwa bentuk dan jenis pot menentukan cara perawatan, terutama penyiraman tanaman.

Kedua, Anda dapat memilih cukup banyak jenis tanaman. Umumnya, semua tanaman yang bisa tumbuh di tanah, bisa juga tumbuh di dalam pot. Carilah tanaman-tanaman yang akan menjuntai ke bawah. Jenis tanaman semacam ini dapat mempercantik teras dan membuat teras lebih menarik.

Tanaman-tanaman dari keluarga ivy, pothos, pakis, sukulen, serta tanaman merambat semusim seperti petunia, dan geranium akan tampak cantik. Hindari jenis-jenis tanaman dengan akar ekstensif, seperti jenis-jenis semak dan pohon.

Ketiga, perhatikan pola saluran air di dalam pot gantung. Jika Anda menggunakan pot tanah liat, tambahkan kerikil, potongan genting, atau apapun yang mampu memberikan ruang bagi jalannya air agar akar tidak membusuk. Setelah kerikil, baru masukkan tanah dan tanaman.


Keempat, sirami tanaman di dalam pot gantung dengan teratur. Pasalnya, tanah di dalam pot gantung cenderung lebih cepat kering ketimbang tanah. Bagi tanaman yang terkena ekspos sinar matahari secara langsung, sebaiknya disiram dua kali sehari (pagi dan sore).

Kelima, jangan lupakan pupuk. Apapun media tanamnya, tanaman membutuhkan pupuk. Maka itu, sebaiknya berikan pupuk teratur setiap bulan. Umumnya, tanaman-tanaman bunga membutuhkan pemupukan lebih teratur ketimbang tanaman lain.

Cocokkan jenis tanaman dengan pupuk yang sesuai tanaman tersebut. Pastikan juga takaran dan cara pemberian pupuk.

Idealnya, dalam satu pot tanamlah satu jenis tanaman. Bila tidak, usahakan tanaman-tanaman tersebut memiliki keperluan tumbuh serta jumlah paparan sinar matahari dan air yang sama.

Terakhir, letakkan pot-pot gantung ini pada tepi-tepi luar teras. Hindari area pintu masuk atau area-area lain dengan intensitas lalu-lintas penghuni yang tinggi. Selain itu, pastikan juga langit-langit tempat menggantung mampu menahan pot tersebut. Selamat menghias teras Anda!