Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Alternatif apakah untuk memperindah pekarangan belakang? Coba aplikasikan taman air sebagai ide alternatif membuat pekarangan belakang secantik pekarangan depan rumah Anda.

Taman air hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, mulai kolam mungil sampai kolam yang berdetail rumit, lengkap dengan air mancur, ikan dan tanaman air.

Namun, yang perlu diingat, penataan taman air yang bagus di pekarangan belakang seseorang, belum tentu sesuai untuk pekarangan belakang orang lain.

Satu hal yang pasti, fitur-fitur taman air akan membuat perubahan yang besar terhadap pekarangan belakang rumah Anda.

Sebagai permulaan proyek penataan pekarangan belakang menjadi taman air yang indah, pembuatan kolam menjadi satu hal yang utama. Kolam air merupakan rangsangan baik untuk mata yang melihatnya serta telinga yang mendengarnya.

Efek kedamaian dan ketenangan yang dihasilkan jelas penting demi menghilangkan stres juga penat setelah seharian bekerja.


Pertama-tama, sebelum Anda mulai menggali lahan tersebut atau membeli peralatan yang dibutuhkan, penting sekali untuk membuat perencanaan dan pemikiran yang matang.

Apabila Anda membuat taman air dengan fitur-fitur yang sulit dalam hal perawatan atau tidak sesuai dengan gaya hidup Anda, itu tidak akan membantu Anda sama sekali. Bisa-bisa nantinya taman air menjadi kering dan terabaikan.

Pertimbangkan dulu, kenapa Anda memilih membangun taman air di pekarangan belakang dan apa manfaatnya bagi Anda? Apakah hanya sebagai “penyejuk” mata dan memberi efek suara yang menenangkan?

Atau prospek membudidayakan tanaman air menggugah minat Anda? Pikirkan secara jelas dalam kepala Anda, lalu tuangkan ide tersebut di atas kertas.

Pelajari lahan pekarangan belakang Anda secara teliti soal tempat terbaik bagi peletakan kolam air. Bila memungkinkan, pilih tempat yang tidak hanya terlihat dari pekarangan itu, juga dari dalam rumah.

Jadi Anda bisa menikmati taman air tersebut di mana pun berada.

Apabila tidak terlalu familier dengan kolam air, mungkin Anda bisa meminta pertimbangan dari seorang ahli. Tanyai pendapat mengenai jenis kolam air, ukuran, dan jenis ikan dan tanaman air yang cocok diletakkan di situ.

Ikan koi dan ikan mas adalah yang paling disukai sebagai ikan penghias kolam. Sementara untuk tanaman air, bisa dipilih jenis teratai mini atau algae, sejenis ganggang penghias kolam.

Meletakkan ganggang bisa menjadi tantangan tersendiri. Sedikit ganggang pada kolam air, bagus untuk keseimbangan ekosistem. Sebaliknya, apabila terlalu banyak, malah akan membuat kolam menjadi keruh dan kurang menarik.

Beberapa orang suka menggunakan penyaring atau filter air. Namun, karena alat ini diletakkan di dalam air, terkadang masalah malah muncul.