Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Bangunan yang baik adalah bangunan yang terencana dengan baik dan berintegrasi dengan keasrian lingkungan. Dengan kondisi lingkungan yang semakin kotor akibat polusi dan kebutuhan akan energi seperti listrik meninggi. Membuat udara lingkungan kita kotor dan dengan kebutuhan akan listrik yang makin tinggi membuat harga listrik semakin mahal. Hal ini dapat membuat kita semakin mudah untuk sakit dan stress.

 

Dengan kondisi yang seperti ini, membuat rumah kita  dengan konsep “rumah hijau” menjadi pilihan yang baik. Bangunan dengan konsep “rumah hijau” berarti membuat bangunan kita dapat berintegrasi denga lingkungan. Rumah dengan konsepini dapat membuat kita lebih sehat, konsep ini menggunakan intregasi dengan alam yang dimana membuat rumah kita dapat memiliki sirkulasi udara yang lebih baik. Rumah dengan konsep ini juga lebih hemat energi, karena juga memanfaatkan cahaya matahari.

 

Bagi anda yang tertarik untuk memiliki rumah dengan konsep ini ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu.

 

1. Mempertimbangkan arah matahari dan angin

  • Pemanfaatan sinar matahari

Cahaya matahari yang melimpah dapat dimanfaatkan secara maksimal melalui penggunaan jendela atau sejenisnya. Bangunan harus didesain dengan memberi jarak antara bangunan itu sendiri dan area sekelilingnya agar cahaya bisa masuk dari segala arah. Hal ini bisa meminimalkan pemakaian listrik.

  • Sirkulasi udara

Selain penggunan jendela untuk mendapatkan pencahayaan yang baik, jendela juga mempengaruhi penghawaan alami bagi ruang-ruang dalam rumah. Sehingga penggunaan AC tidak diperlukan terlalu banyak.

 

2. Penyediaan Lahan Penghijauan

 

Menyediakan lahan di sekitar rumah untuk penghijauan merupakan hal yang penting, hal ini membantu penyedian air tanah di saat musim kemarau. Ini merupakan usaha jangka panjang dalam hal konservasi air. Taman atau penempatan tanaman di sekeliling bangunan memiliki keuntungan yaitu memungkinkan ketersediaan pasokan oksigen bagi penghuni dan lingkungan sekitar. Keberadaan pepohonan di sekitar bangunan mampu memberi kesejukan.

 

3. Gunakan lahan sesedikit mungkin.

 

Semakin luas lahan yang dipakai untuk mendirikan bangunan semakin kecil kemampuan tanah untuk menyerap air. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya air tanah dan beresiko banjir. Tidak hanya itu , semakin luas lahan yang di gunakan untuk membuat bangunan semaik sedikit laha yang di gunakan untuk penghijauna.