Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Berkebun merupakan sebuah kegiatan yang menyenaknang dan menyehatkan. Berkebun juga  bermanfaat untuk mengisi waktu senggang. Bagi anda para pecinta tanaman, berkebun juga merupaka sebuah hobi yang mengasikan. 

Bagi anda yang tinggal di Kota sebenarnya kondisi lahan yang sempit bukan halangan untuk menyalurkan hobi berkebun. Sekarang sudah banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat berkebun di rumah dengan luas lahan yang seadanya.

Dalam melakukan kegiatan berkebun pada lahan sempit seperti di kebun belakang rumah, tentunya ada beberapa aturan yang harus diketahui. Salah satunya penggunaan pestisida. Penyemprotan pestisida tentunya akan berbahaya bagi pemilik kebun, binatang peliharaan dan tetangga.


Tanaman dalam kebun pada lahan sempitnya tentunya berbeda dengan tanaman pada lahan besar. tidak semua jenis tanaman pada lahan besar dapat ditanam pada kebun dengan lahan sempit. Biasa jenis tanaman yang baik ditanam pada lahan sempit adalah jenis tanaman yang dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik atau tanaman hias. Dan tidak semua jenis tanaman kecil dapat ditanam di kebun, ada beberapa jenis tanaman yang biasanya membutuhkan syarat tumbuh yang.

 

Sebagian besar orang akan memilih untuk menggunakan tanaman hias. Namun hal itu sudah menjadi hal yang biasa. Nah, bagi anda yang ingin memiliki tanaman yang dapat di tanam di lahan sempit namun bukan hanya untuk berfungsi sebgaia hiasan, berikut ada beberapa tanaman yang dapat anda tanam.

 

Cabe,-  tanaman ini cocok ditanam pada media pot dengan ukuran minimum 5 liter. Bibit tanaman ini juga sangat mudah dijumpai. Cukup dengan dengan membeli cabe di pasar atau bisa membeli bibit tanaman tanaman langsung pada toko tani.


Kangkung,-  terdapat dua jenis kangkung, yang pertama adalah kangkung darat, atau kangkung cabut. Bibit tanaman kangkung cabut dapat di beli di toko tani dengan harga 15000 sampai dengan 20000 rupiah perkilo. Tanaman kangkung cabut yang sudah tumbuh dapat juga ditanam pada media air. Menanam kangkung air juga mudah, hanya dengan membuang beberapa batang kangkung jenis apa saja ke tanah yang agak berair sekitar 5 cm, tanaman kangkung akan tumbuh subur.

 

Selderi,-  Teman terbaik masakan Indonesia selain daun bawang dan bawang goreng. Tanaman seledri juga tidak membutuhkan media tanam yang luas. cukup dikembangkan dalam pot, Seledri bisa menjadi hiasan yang unik di teras rumah anda .

Bayam,- Menanam bayam juga sangat mudah, hanya dengan menabur bibit di atas permukaan tanah atau pot, kemudian menyiram setiap hari. Waktu umur panen bayam sangat cepat, hanya berkisar 10 sampai 14 hari. Hanya saja tanaman bayam harus segera di panen karena bayam dengan usia sudah lebih 20 hari akan terasa pahit dan memiliki sedikit duri.


Tomat,- Menanam tomat sama halnya dengan menanam cabai rawit. bisa ditanam menggunakan media tanam pot. akan tetapi sedikit berbeda dengan Cabai, tanaman tomat mudah terserang penyakit dan juga sangat rentang terhadap kelembaban tinggi.


Selada,- Selada adalah sayuran yang bisa ditanam pada lahan sempit.  Selada salah satu sayur favorit karena langsung dapat dimakan tanpa diolah terlebih dahulu namun tetap harus di cuci.  Selada dapat ditanam pada media pot dengan pengairan yang terjaga, karena tanaman ini membutuhkan kelembaban tinggi namun tidak pada akarnya.

 

Setelah menanam tanaman tersebut jangan lupa menyiram rutin. Pengaburan tanah juga harus rutin dilakukan misalnya sekali seminggu saja sudah cukup. cukup menggemburkan tanah di sekitar akar tanam, sedangkan untuk tanaman bayam gemburkan sekali saja pada sebelum menaruh bibit tanaman pada pot. Pemberian pupuk juga sangat perlu untuk mempercepat daya tumbuh tanaman. Pupuk yang sangat disarankan adalah pupuk kandang atau sedikit campuran arang dan abu pembakaran sangat membantu tanaman tumbuh besar.