Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Membangun hunian baru merupakan saat yang tepat untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip hunian ramah lingkungan ke dalam tempat tinggal Anda.

Sebuah hunian baru yang hijau dan ramah lingkungan akan membuat Anda lebih betah dan membuatnya lebih laku jika akan Anda jual kelak. Biaya perawatan hunian ramah lingkungan biasanya juga lebih murah dalam jangka panjang.

Berikut adalah beberapa cara yang Anda bisa lakukan agar hunian baru kesayangan Anda makin ramah lingkungan.

1    Perbaiki jendela dan pintu
    Perbaiki jendela dan pintu yang bocor jika Anda menggunakan pendingin udara di rumah. Dengan memberikan penyekatan yang lebih baik di celah pintu dan jendela, Anda bisa menghemat energi.
    Pasang kipas angin
 2   Daripada memasang AC, Anda bisa menggunakan kipas angin, karena jejak karbon Anda akan lebih minimal. Harga kipas angin juga lebih murah daripada AC. Dan biaya operasional dan perawatannya juga lebih rendah.
3    Gunakan lampu hemat energi
    Lampu fluorescent akan menghabiskan energi lebih sedikit dan jangka penggunaannya lebih lama daripada lampu model lama. Meski mahal, dalam jangka panjang konsumsi energi Anda akan lebih sedikit, dan biayanya malah lebih murah.
 4   Tanam pohon di rumah
    Lansekap yang baik penting artinya agar rumah lebih bersahabat dengan alam. Pohon dan semak yang lebat akan menyejukkan hawa di rumah Anda, sehingga penggunaan AC atau kipas angin bisa dikurangi di hari yang gerah.
5    Gunakan peralatan RT yang hemat energi
    Carilah peralatan RT yang berlabel “Energy Star”, yang artinya adalah alat tersebut mengkonsumsi energi lebih sedikit daripada jenis lain yang tidak memiliki label itu. Emisi gas rumah kaca yang dihasilkan alat RT ini juga lebih rendah.
    Buat ventilasi yang lancar
6    Di negeri tropis ini, sering hawa panas menjadi musuh utama kita. Namun, sebenarnya tidak diperlukan AC atau kipas angin jika Anda sudah memiliki ventilasi yang berfungsi lancar. Pertinggi atap dan langit-langit rumah dan perluas ruang tamu atau keluarga tempat banyak orang berkumpul karena sirkulasi akan lebih lancar.
7    Beralih ke sumber energi terbarukan
    Alih-alih hanya bergantung pada sumber energi fosil seperti BBM dan batubara, cobalah perlahan-lahan berpindah ke sumber energi terbarukan yang lebih ramah lingkungan seperti tenaga sinar matahari, tenaga air atau angin jika di lingkungan sekitar Anda banyak potensi tenaga tersebut.

8    Selalu rawat dan perbarui sistem pendingin hunian
    Entah itu kipas angin, AC, atau ventilasi, jangan abaikan perawatannya. Semua yang tidak terawat akan berfungsi kurang maksimal. (al/sumber)

Semoga tips tadi dapat bermanfaat bagi kamu ya. Untuk kamu yang sedang mencari rumah, coba cari-cari refrensi rumah yang kamu inginkan di situs jual rumah terbaik. Semoga kamu menemukan rumah idaman kamu ya.