Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Siap untuk menjajaki cara membuat taman sendiri? Tantangan membuat landscape taman sendiri memang mungkin akan terasa berat, namun jika kamu tahu cara membuat taman sendiri bukan tidak mungkin hasil taman buatanmu akan tampil layaknya karya tangan para profesional. Ada kepuasan tertentu yang tidak bisa dibandingkan jika kamu mampu menguasai cara membuat taman sendiri dengan baik. Yuk, langsung deh pelajari cara membuat taman sendiri berikut ini.


1. Cari Ide & Inspirasi Taman 
 
Cara-Membuat Taman Sendiri 
 
Pastinya cara membuat taman sendiri ini harus diawali dengan apa jenis taman yang diinginkan. Apakah berbentuk kebun sayur, taman kecil berisi bumbu dapur, atau kebun bunga?


Jika kamu memilih kebun bunga, apakah jenis bunga hias yang dipilih adalah bunga musiman, tahunan atau bahkan campuran? Apapun jenis taman yang ingin kamu dapatkan dari cara membuat taman sendiri ini, saran Kania adalah mulai dari skala yang kecil, karena lebih baik sukses kecil-kecilan dalam cara membuat taman sendiri daripada gagal total.

2. Pilih Lokasi Yang Tepat
 
 Cara Membuat Taman Sendiri Lokasi

Hampir seluruh jenis tanaman, baik sayur-sayuran ataupun bunga, membutuhkan ekspos langsung sinar matahari selama 6 jam setiap harinya. Ambil sekurang- kurangnya 1 hingga 2 hari untuk memilih spot yang paling cocok untuk taman, Analisa sinar matahari adalah salah satu tahapan dalam cara membuat taman sendiri yang cukup vital, jadi lakukan dengan seksama yah.

Jika tidak ada spot yang ideal untuk paparan matahari, pilih saja spot dengan sengatan matahari dan sumber air terdekat yang ada. Pastikan spot ini juga tidak tersembunyi dan mudah diakses supaya pemeliharaan taman nanti semakin praktis dan efisien.

3. Mulai Membersihkan Lahan
 
Cara Membuat Taman Sendiri Membersihkan Lahan 

Cara membuat taman sendiri dirumah anda  yang ketiga adalah melanjutkan dengan pembersihan lokasi taman yang dituju. Bersihkan areal tersebut dari sampah dan tumbuhan ilalang jika ada. Setelah itu, lembutkan dengan tangan/sekop kecil atau lapisi koran bekas dengan tumpukan pupuk kompos di atasnya.

Gunakan sekitar 5 lembar koran bekas dan 10 cm pupuk, yang mana seluruhnya akan terdekomposisi dengan baik dalam kurun waktu 3-4 bulan, sekaligus menutupi lahan yang sudah bersih dalam cara membuat taman sendiri ini.

4. Memperbaiki Kualitas Lahan
 
Cara Membuat Taman Sendiri Memperbaiki Kualitas Tanah 

Salah satu hal terpenting dalam cara membuat taman sendiri dirumah anda  adalah memperbaiki kualitas lahan. Ini bisa dilakukan dengan memberikan pupuk organik dan memastikan penyebarannya yang merata dengan baik. Pupuk organik seperti sisa kotoran hewan atau sisa daun/rumput yang membusuk bisa ditambahkan ke permukaan lahan supaya tanah menjadi penuh nutrisi dan siap menghasilkan.

5. Memastikan Kepadatan Tanah
 
Cara Membuat Taman Sendiri Memastikan Kepadatan Tanah 

Mencangkul adalah salah satu bagian dari cara membuat taman sendiri yang membutuhkan tenaga, namun tidak terlalu berat kok. Dengan mencangkul, tanah akan berkurang kepadatan dan nutrisinya. Hasilnya, oksigen serta air lebih mudah terserap oleh akar tanaman.

Patokan dalam mencangkul dalam cara membuat taman sendiri adalah jika kondisi tanah bisa dipadatkan dengan mudah menggunakan tangan dan tidak langsung pecah saat dijatuhkan ke bawah. Gunakan sekop kecil dan aduk tanah dengan ketinggian 20- 50 centimeter supaya seluruh pupuk organik pada tahap 4 tercampur dengan sempurna.

6. Pilih Jenis Tanaman

 Cara Membuat Taman Sendiri Pilih Jenis Tanaman
 
Pastikan jenis tanaman yang kalian pilih dalam cara membuat taman sendiri ini sudah sesuai dengan iklim dan kondisi cuaca di lingkungan. Jika membutuhkan sumber dan info, maka sisihkan waktu untuk melakukan riset kecil-kecilan dari buku atau sumber lain di Internet. Dalam melaksanakan cara membuat taman sendiri, kemauan untuk mencari ilmu memang sangat dibutuhkan loh guys!

7. Mulai Menanam
 
Cara Membuat Taman Sendiri Menanam Dalam Pot 

Bagian ini adalah tahap yang paling mengasyikkan dalam cara membuat taman sendiri, yaitu mulai meletakkan bibit tanaman ke dalam tanah yang sudah siap untuk ditanami. Beberapa benih tanaman bisa diletakkan langsung dalam cara membuat taman sendiri, tetapi ada pulak benih yang harus ditumbuhkan sendiri secara terpisah di bibitan kecil, baik di kotak kecil ataupun pot-pot individu.

Tidak ada salahnya jika kalian bertanya kepada ahli atau profesional yang sudah mahir menanam tanaman, terutama dari segi kedalaman peletakkan tanaman ataupun jarak antara satu tanaman dengan lainnya.

8. Perawatan Secara Rutin
 
Cara Membuat Taman Sendiri Perawatan Secara Rutin 

Tanaman yang rutin dirawat akan tumbuh menjadi tanaman yang kuat dan sehat. Setelah melakukan bagian berat dari cara membuat taman sendiri, lakukan pemeliharaan harian. Salah satu cara merawat tanaman seperti menyirami, membasmi hama, membersihkan dari semak- semak, dan memupuk sesuai takaran yang dianjurkan.

Setelah membaca artikel tadi, apa kamu jadi tertarik membuat taman sendiri? 
 
 
Sumber : www.dekoruma.com