Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Jika merasa penat dan lelah baik secara fisik dan mental, kita selalu ingin pergi ke suatu daerah lain untuk menghilangkan kepenatan tersebut. Biasanya tempat yang dituju adalah daerah pegunungan atau pantai yang berhawa sejuk dengan pemandangan alam yang indah.

Namun bagaimana jika berada di lokasi yang jauh dari pegunungan dan waktu yang tersedia sangat terbatas?. Untuk mengatasi masalah ini kita perlu menciptakan suatu tempat yang nyaman di dalam lingkungan rumah sendiri sehingga kita tidak perlu meninggalkan rumah untuk menghilangkan kepenatan tersebut. Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membuat gazebo.

Di gazebo inilah kita bersama anggota keluarga yang lain bisa saling mengobrol dengan santai sambil menikmati keindahan taman dalam rumah sendiri . Sebagai tempat terbuka, gazebo juga merupakan lokasi yang paling cocok untuk menciptakan hubungan yang akrab antara anggota keluarga.

Ketika ingin membuat gazebo , tentukan lebih dulu tujuan dari pembuatan gazebo tersebut. Jika fungsinya untuk berkumpul dengan keluarga saja, maka lebih baik memilih tempat di taman belakang, sehingga bisa lebih privacy. Namun jika ingin menggunakan gazebo untuk menerima tamu maka taman depan lebih bagus dijadikan lokasi karena kesan ramah bisa muncul di tempat ini.

Kemudian untuk ukuran, sebenarnya tidak ada standar yang baku. Namun sebaiknya jangan lebih dari 20% dari luas taman yang ada. Karena jika luasnya terlalu besar justru akan  menimbulkan kesan padat di taman. Dan yang perlu diperhatikan adalah, jarak gazebo juga tidak boleh terlalu dekat dengan rumah sebagai bangunan induk. Tujuan dari pengaturan jarak ini adalah agar ketika hujan air yang jatuh dari atap rumah tidak mengenai gazebo.

Jika taman yang kita miliki tidak begitu luas, jangan berkecil hati. Kita tetap bisa membuat gazebo meski hanya berbentuk semi permanen saja. Karena jika dibuat dengan konsep 100% permanen akan menimbulkan kesan taman yang makin sempit.

Kemudian untuk pemilihan bahan, juga sesuaikan dengan luas taman yang dimiliki. Jika taman tersebut cukup luas, kita bisa menggunakan bahan beton karena gazebo yang dibuat bersifat permanen.

Sedangkan jika luas tamannya terbatas, bambu atau kayu adalah pilihan yang sangat tepat karena gazebo akan terlihat eksotis. Apalagi jika ditambah dengan atap yang terbuat dari alang-alang atau kayu sirap. Tanpa perlu pergi jauh ke luar kotapun rasanya kita sudah berada di alam pedesaan yang nyaman dan damai.

Jika ingin menggunakan kursi dan meja di gazebo, pilihlah perabot yang desainnya bisa menyatu dengan taman, sehingga kesan artistik akan muncul. Namun jika tidak menyukai kursi dan meja maka bisa memakai konsep lesehan. Dengan konsep ini kita hanya perlu menyediakan karpet atau tikar saja. Namun agar bisa lebih santai, sediakan pula bantal untuk bersantai.

Agar lebih menimbulkan panorama yang indah di waktu malam pada gazebo tersebut, kita juga bisa menambahkan lampu. Gunakan sistem pencahayaan yang sedemikian rupa sehingga kesan lembut dan romantis bisa muncul dari gazebo.

Untuk penataan lampu ini ada hal penting yang harus diperhatikan. Usahakan agar menggunakan sistem listrik tersendiri dari rumah induk . Karena jika menggunakan kabel, maka kabel yang menjuntai akan keindahan gazebo akan berkurang.

Namun jika tetap menggunakan sistem kelistrikan yang menjadi satu dengan rumah induk, sebaiknya kabel yang digunakan diletakan di bawah tanah. Untuk itu perlu pehitungan secara cermat terutama sekali yang berkaitan dengan keamanan aliran listrik.