Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Setelah nyaris sebulan lamanya putra-putri Anda libur sekolah, kini waktunya Anda mempersiapkan berbagai kebutuhan proses belajar di tahun ajaran baru.

Selain membeli perlengkapan alat tulis dan seragam sekolah, tidak ada salahnya bila Anda juga sedikit mengubah ruang belajar atau tempat belajar di rumah.

Sebuah artikel yang diliris dari Western Governors University menyebutkan bahwa kualitas belajar yang baik pada anak ditentukan dari tempat belajar yang tepat.

Percaya atau tidak, lingkungan belajar ternyata menjadi faktor terbesar seseorang untuk mendapatkan dan mengolah informasi dalam proses belajar.

Lingkungan belajar yang terlalu sepi dan sunyi, tidak selalu menjadi lingkungan belajar yang tepat. Mengapa? Karena tidak semua anak memiliki karakteristik yang bisa nyaman dengan kesunyian. Sebaliknya, kadang ada juga anak-anak yang lebih mudah menyerap pelajaran dengan kondisi penuh musik.

Namun, biasanya tantangan terbesar bagi para orang tua adalah bagaimana menciptakan ruang belajar dengan keterbatasan space (ruangan) di rumah.

Umumnya, ruang belajar anak di rumah berada di dalam dan menyatu dengan kamar tidur mereka . Namun, itu menjadi polemik bagi orang tua. Dengan ruang belajar yang menyatu dengan kamar tidur, Anda sebagai orang tua merasa kesulitan memantau efektivitas proses belajar mereka di dalam kamar.

Berikut ini, contoh-contoh desain ruang belajar anak yang dilasir dari homedecor.co.id, bisa Anda aplikasikan di rumah:

Ruang belajar bernuansa alam

Ruang belajar bernuansa alam (sumber: homedecor.co.id)

Tidak ada salahnya bila Anda mencoba desain ruang belajar dengan konsep alam. Anda bisa lihat pada gambar di atas, yang menjadi contoh ruang belajar dengan benuansa alam.

Penggunaan batu bata tanpa furnish ini memberikan kesan natural. Selain itu, lantai menggunakan ubin ini bisa memberikan ruangan terasa dingin. Anak Anda, bisa dengan nyaman mengerjakan pekerjaan rumah dengan suasana ruangan yang nyaman dan natural.

Untuk membuat ruang belajar ini tidak memerlukan ruangan yang luas. Sebab, Anda bisa meaplikasikan pada ruang keluarga atau sisa ruangan yang bisa menembus pada taman atau teras belakang rumah.

Ruang belajar ala coffee shop

Ruang belajar ala coffee shop (sumber: homedecor.co.id)

Belajar dengan suasana seperti di kedai kopi, sepertinya akan menyenangkan. Jangankan anak Anda, orang dewasa pun lebih merasa nyaman bila mengerjakan pekerjaan di kedai kopi.

Suasana ruangan kedai kopi memang sangat nyaman. Mengapa? Karena desain meja dan kursi yang sederhana, namun tetap memberikan rasa nyaman.

Unsur kayu pada meja panjang ini bisa memacu anak untuk betah duduk dan berpikir mengerjakan soal pelajaran.

Ukuran meja ini juga tidak membutuhkan space (ukuran) ruangan yang luas. Anda bisa menerapkan ini pada kamar tidur anak atau ruang santai yang berdekatan dengan dapur bersih rumah Anda.

Ruang belajar papah dan anak


Ruang belajar papah dan anak (sumber: homedecor.co.id)

Bagi Anda yang tinggal di apartemen, desain ruang belajar yang bisa memberikan kesan nyaman, mungkin ruangan ini bisa menjadi inspirasi Anda.

Meja didesain menjadi dua bagian berbentuk letter-L, yang bisa diperuntukan bagi keperluan orang tua dan anak. Anda bisa sama-sama mengerjakan pekerjaan bersamaan dengan anak Anda belajar di samping Anda. Dengan begitu, Anda bisa memantau efektifitas mereka dalam mengajar.

Ruang belajar di sudut ruangan


Ruang belajar di sudut ruangan (sumber: homedecor.co.id)

Beberapa rumah memiliki ruang sudut yang kerap membingungkan untuk dimanfaatkan. Apabila Anda memiliki ruang sudut berukuran sekitar 1m x 3m, coba deh untuk memanfaatkan ruangan tersebut sebagai ruang belajar anak.

Ganti lantai menggunakan parket, serta frame meja dan backwall menggunakan unsur kayu. Sebagai tambahan, rak berbentuk ranting kayu seperti tampak pada gambar bisa menjadi tambahan sentuhan unik pada ruangan.

Ruang belajar dekat dengan ruang ruang keluarga

Ruang belajar dekat dengan ruang ruang keluarga (sumber: homedecor.co.id)

Terakhir, adalah desain ruang belajar yang berada dekat dengan ruang santai keluarga. Ruang keluarga biasanya digunakan untuk mengobrol atau menonton televisi. Menempatkan ruang belajar di sekitar ruang keluarga bukanlah hal yang buruk.

Seperti dijelaskan sebelumnya, tidak semua anak memiliki karakteristik bisa belajar dalam keadaan sepi dan sunyi. Bahkan, ada yang lebih mudah menyerap informasi dalam keadaan terdengar musik dan visual.

Namun, sebelum Anda meaplikasikan ini, sebaiknya Anda cari tahu, karakteristik seperti apakah anak Anda?

Nah, demikian pemaparan desain ruang belajar anak minimalis yang bisa diterapkan di rumah . Selamat mencoba!
 
 
Sumber : (www.rumah.com)