Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Dinding dapur sangat rentan terpengaruh udara lembap dan sangat mungkin terkena noda dari aktivitas mengolah makanan serta minuman. Padahal, kebersihan dinding dapur adalah salah satu hal terpenting yang selalu harus terjaga agar dapur dapat selalu nyaman untuk dipakai beraktivitas. Nah, salah satu cara menyiasati masalah ini adalah dengan memberi finishing berupa keramik dinding dapur. Selain membantu menjaga kesan bersih dan nyaman, keramik dinding dapur juga bisa membuat dapurmu tampak lebih menarik lagi.

Kamu mungkin agak bingung ketika memilih keramik dinding dapur. Apalagi jika kamu tidak memahami hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih keramik dinding dapur. Karenanya, berikut ini Kania akan bagikan beberapa tips memilih keramik dinding dapur yang pas buat kamu. Simak baik-baik, ya!

Nggak Ada Salahnya Berkreasi

Dalam memilih keramik dinding dapur yang pas, kamu juga bisa berkreasi, lho! Misalnya saja kamu bisa menambahkan keramik memanjang dengan ukuran lebih kecil sebagai list di pinggiran keramik dinding dapur.

Selain itu kamu juga bisa memilih keramik dengan beberapa tema ornamen, seperti keramik yang membentuk gambar bahan makanan, buah-buahan, peralatan makan, ada banyak motif keramik dapur yang bisa kamu pilih. Tapi jangan memaksakan terlalu banyak ornamen terpasang pada dinding dapurmu ya!

Alternatif lainnya adalah dengan memadukan dua warna keramik dinding dapur sekaligus. Kamu bisa memasangnya secara berselang-seling sehingga dapurmu terlihat lebih hidup.

Perhatikan Material dan Tekstur Keramik Dinding Dapur

Tips yang pertama dalam memilih keramik dinding dapur adalah memperhatikan material serta tekstur permukaannya. Kamu sebenarnya bebas menentukan apakah akan menggunakan keramik bertekstur vynil, kasar, atau menggunakan keramik batu alam. Namun, pastikan material keramik dinding dapur yang kamu pilih tahan uap dan panas. Jangan sampai setelah terpasang, kamu baru mengetahui kalau keramik dinding dapurmu mudah retak ketika terkena udara panas yang intens. Sangat merugikan bukan?

Sementara itu, pada bagian yang dekat dengan area mengolah makanan atau minuman, sebaiknya gunakan keramik dengan tipe glazed ceramic tiles alias keramik dengan lapisan permukaan mengilap. Lapisan kilap pada permukaan keramik akan membuatnya lebih tahan terhadap noda sehingga mudah dibersihkan.

Lapisan kilap tersebut berfungsi menutup pori-pori pada permukaan keramik sehingga menjadikan noda tidak akan terserap dan tertinggal pada keramik dinding dapur. Pastikan juga kualitas lapisan kilap alias glasur pada keramik pilihanmu. Kualitas glasur yang rendah mengakibatkan kilapnya akan hilang dalam waktu yang relatif cepat setelah terpasang.

Pastikan Model dan Motif Keramik Dinding Dapur Sesuai Gaya Interior Rumah

Tips memilih keramik dinding dapur yang selanjutnya adalah memperhatikan kesesuaian antara model keramik dinding dapur dengan gaya rumah kamu . Misalnya, jika rumah kamu bergaya minimalis , maka pilihlah model keramik dinding dapur yang juga minimalis, tidak terlalu banyak ornamen atau motif, namun tetap tampak elegan.

Kamu harus ingat bahwa keramik dinding dapur tidak hanya berfungsi untuk melindungi dinding dari noda hasil aktivitas memasak, tetapi juga mempercantik penampilan ruangan dapur. Saat ini pilihan model keramik dinding dapur di pasaran sangat banyak, jadi kamu harus cermat memilih model mana yang pas dengan tema dapur idamanmu sekaligus menyatu dengan tema rumah secara keseluruhan. Model keramik dinding dapur yang selaras dengan tema rumah akan makin menambah kenyamanan penghuninya lho!

Perhatikan Keseimbangan Warna 

Faktor warna juga harus dipertimbangkan ketika kamu memilih keramik dinding dapur. Sebaiknya dapur kamu memiliki perpaduan warna yang seimbang. Contohnya, jika warna plafon dan cat bagian dinding yang tidak tertutup keramik berwarna terang dan mencolok, maka pilihlah keramik dinding dapur dengan warna yang lebih lembut. Begitu juga sebaliknya, jika elemen lain pada dapur berwarna gelap atau berwarna lembut, maka sebaiknya pilih keramik dinding dapur yang berwarna terang.

Pemilihan warna keramik dinding dapur bisa juga menyesuaikan selera dan rancanganmu. Sebelumnya kamu mungkin sudah merencanakan warna apa yang dominan di dapurmu bersama jasa desain rumah pilihan . Misalnya, kalau kamu menginginkan ruangan yang tampak luas, disarankan untuk memilih warna cat rumah yang terang.

Pilih Keramik Dinding Dapur yang Sesuai Ukuran Ruangan

Hal lain yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika memilih keramik dinding dapur adalah menyesuaikan ukuran keramik dengan ukuran ruangan. Ini dilakukan agar desain dapur kamu terlihat serasi. Sebab, walaupun motif dan warna keramik dinding dapur pilihanmu sudah baik, jika ukurannya tidak sesuai nanti malah akan terlihat timpang.

Ukuran keramik dinding dapur yang besar akan membuat ruangan dapur terkesan luas. Selain itu, kelebihan memakai keramik dinding dapur berukuran besar adalah makin sedikitnya area celah antarkeramik alias nat. Perlu kamu ketahui, bagian nat pada keramik dinding dapur berpotensi menjadi tempat berkumpulnya noda. Itu karena bagian nat keramik bersifat menyerap cairan dan tidak mengilap seperti permukaan keramik dinding dapur. Kalau kamu menyukai motif yang unik, kamu bisa menerapkan motif tegel di rumah .

Sesuaikan Pilihan Keramik Dinding Dapur dengan Budget yang Kamu Miliki

Nah, tips yang satu ini juga tidak kalah penting. Harga keramik dinding dapur yang kamu pilih juga harus sesuai dengan budget yang kamu punya. Sebelum membeli keramik untuk dinding dapur, kamu harus menentukan dan mempertimbangkan target anggaran dana yang akan kamu gunakan.

Setelah menentukan target anggaran dana untuk membeli keramik dinding dapur, lakukanlah perbandingan harga terlebih dahulu terhadap beberapa merek keramik. Usahakan agar tidak terpaku pada salah satu tempat saja ketika membandingkan harga keramik. Dengan begitu anggaran untuk membeli keramik dinding dapur tidak akan membengkak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika akan memilih keramik dinding dapur. Mengingat harga keramik dan biaya pemasangannya tidak murah, maka sebaiknya kamu tidak terburu-buru ketika memilih keramik dinding dapur. Kalau ragu, kamu bisa berkonsultasi dengan jasa desainer interior untuk memilih keramik yang pas buatmu. Selamat mencoba!
 
Sumber (www.dekoruma.com)