Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Para pengembang kini mulai menawarkan tinggal di rumah mungil atau unit-unit apartemen berukuran terbatas bagi masyarakat yang ingin tinggal di tengah kota. Keterbatasan lahan dan tingginya harga tanah menjadi salah satu faktor pendorong keputusan pengembang tersebut.

Memiliki rumah berukuran kecil memang bukan hal negatif. Beberapa blogger di seluruh dunia sudah berbagi pengalamannya tinggal di rumah berukuran kecil.

Kesaksian mereka menyebutkan bahwa rumah berukuran kecil rupanya menawarkan banyak hal positif.

Minim pengeluaran
Jill Winger dari Theprairiehomestead mengungkapkan dalam blog-nya bahwa saat ini dia sangat senang tinggal dalam hunian berukuran kecil. Alasan pertama yang mengantarnya pada kesimpulan ini adalah rendahnya biaya.

Menurut Winger, tinggal di dalam rumah berukuran kecil lebih “bersahabat” dengan anggaran.

Dia hanya perlu sedikit tenaga untuk menghangatkan dan mendinginkan rumah. Akibatnya, tagihan listrik lebih murah.

Tidak banyak berbenah
Hal senada juga disampaikan oleh Heather Levin dari Moneycrashers.com. Sama seperti Winger, Levin juga mengungkapkan bahwa semakin kecil rumah, energi yang diperlukan semakin sedikit.

Penghuni rumah juga memerlukan lebih sedikit usaha untuk membersihkan dan merawat rumah. Efeknya, biaya yang dikeluarkan juga lebih sedikit.

Hemat waktu

Tak hanya lebih sedikit usaha, waktu yang diperlukan untuk merawat rumah berukuran kecil juga lebih sedikit.

Seperti dikutip dalam Becomingminimalist, pemilik rumah berukuran kecil tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mendekor, memilih warna dinding, memilih karpet, memilih furnitur, lampu, dan dekorasi.

Lebih sedikit ruang untuk menempatkan barang-barang di dalam rumah juga memaksa pemilik rumah berhemat.

Mendekatkan keluarga
Satu hal lain yang tidak kalah penting adalah kemampuan rumah berukuran kecil “memaksa” pemilik rumah berinteraksi dengan keluarganya.

Moneycrashers.com menyebut hal ini dengan “nyaman dan intim”. Hal serupa akan sulit dicapai jika keluarga tersebut tinggal di dalam rumah berukuran besar.

Lebih mudah terjual
Menariknya, Realestate.msn.com mengungkapkan bahwa rumah berukuran kecil akan lebih mudah terjual ketimbang rumah berukuran besar.

Peningkatan biaya listrik yang terus terjadi membuat masyarakat lebih jeli dalam memilih rumah .

Rumah yang hemat energi akan menjadi incaran di masa depan. Jadi, tidak salah lagi bila rumah berukuran kecil akan menjadi incaran.

Jadi, tunggu apa lagi? Jangan terburu-buru menolak penawaran rumah berukuran kecil. Simak karakteristiknya, pertimbangkan dulu keuntungannya.