Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Pemasangan rak dekoratif bisa membuat rumah Anda lebih rapi, juga memudahkan mengatur dan menemukan kembali barang-barang yang Anda perlukan. Namun, rak juga dapat dijadikan dekorasi ruang yang membuat cantik penampilan keseluruhan hunian.

Ruang yang terbatas di rumah sering kali menjadi kendala untuk menempatkan barang-barang koleksi dan hobi Anda seperti buku, majalah, CD/VCD, foto keluarga, karya seni, gelas kristal, guci antik, boneka, botol minuman, sepatu atau pernak-pernik lain. Salah satu solusinya adalah dengan menyediakan rak sehingga menjadikan rumah rapi dan tidak berantakan.

Rak dekoratif ini bukan hanya sebagai tempat penyimpanan, juga bisa menjadi penghias rumah yang unik menggantikan lukisan atau pajangan dinding lain. Masih bingung barang apa saja yang bisa ditempatkan di rak? Pertama, pikirkan benda-benda yang Anda sayangi.

“Barang yang datang dari kesukaan dan hobi harus jadi pilihan aksesori Anda,“ kata Debbie Wiener, seorang desainer interior di Silver Spring, Maryland.

“Bisa jadi karya seni anak Anda yang dibingkai, buku, piring hias, kartu bisbol atau koleksi bumerang. Rumah Anda harus terlihat seperti pribadi Anda,” ujarnya, seperti dikutip laman Home and Garden Television.

Kelompokkan barang kesayangan Anda itu di rak berdasarkan satu tema, warna, tekstur, bentuk, atau bahan pembuatannya. Misalnya, penempatan pernik dari gerabah warna putih dan benda lain dengan nuansa cerah terlihat menakjubkan di rak kayu gelap atau dicat cerah.

Sementara, kumpulan boks, mangkuk, atau hiasan bola menambah aksen rak sehingga tidak akan kelihatan cantik jika diletakkan sendiri-sendiri. Anda juga dapat mengatur barang di rak berdasarkan fungsinya.

Mary Carol Garrity, pemilik Nell Hill, sebuah toko aksesori di Kansas, suka mengubah rak menjadi sebuah bar atau area servis.

“Jangan gunakan rak yang dipasang di dinding atas untuk menciptakan ruangan yang lebih luas. Ganti dengan baki atau nampan untuk menaruh botol-botol dari kristal atau gelas,” sarannya.

Apakah Anda mengoleksi sangkar burung hias atau kenop lucu, patung atau cangkang kerang,transferware atau cangkir, setiap barang yang Anda senangi layak ditaruh di daerah kebanggaan Anda di rumah. Dan, satu lagi kekuatannya, yaitu jumlahnya yang relatif banyak.

“Ukuran, bentuk, dan warna yang berbeda akan menyatu satu sama lain, dan pengelompokan koleksi bersama-sama memberikan titik sentral perhatian,” ujar Mary.

Karena itu, segera kumpulkan barang-barang pajangan di sekitar rumah Anda dan pamerkan mereka agar terlihat menakjubkan. Tapi ingat, beberapa pernik berukuran mungil yang ditaruh di rak hanya menyimpan debu dan terlihat kacau.

Sebaliknya, pilih barang yang lebih besar dan tegas sehingga tampak menonjol. Pilih vas tinggi, isi dengan kuntum bunga atau dahan pohon untuk tampilan dramatis, bola besar dengan tali tersimpul, barang cantik dari tembikar dan buku-buku seni berukuran super.

Kumpulkan benda apa pun yang menarik bagi Anda, selama Anda dapat melihatnya dari seberang ruangan.

Agar terlihat kehadirannya, taruh barangbarang kecil dalam sebuah wadah. Daripada memadupadankan barang dengan desain serupa, atur secara asimetris tiga, lima, atau tujuh objek dalam rak dekoratif. Pengaturan benda yang tidak terpusat dalam satu titik dapat menambahkan elemen kejutan di ruangan tersebut.

Tip lain untuk membantu Anda bergaya asimetris diungkapkan oleh Nancy Barsotti, seorang desainer interior di New York City dan Pittsburgh.

“Kecuali jika rak Anda model tanam atau built-in, atau sudah satu pasang,buat variasi ketinggian yang berbeda pada rak sehingga tampilannya akan beda,” kata dia.

Anda dapat menggunakan potongan yang lebih besar dan kecil bergantian,serta keluar dari tampilan desain “gaya tentara” yang biasanya cepat membosankan. Sebuah rak dekorasi berukuran besar sebaiknya tidak disusun dengan ketinggian yang sama. Ukuran yang seragam tentu akan membuat rak tampak datar dan membosankan.