Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Ketika melakukan renovasi rumah , dibutuhkan sebuah jasa tenaga kerja dalam pengerjaannya. Penghuni rumah biasanya bimbang antara memilih pekerja harian atau borongan.

Arsitek Rita Laksmitasari memberikan beberapa tips untuk menggunakan jasa pekerja harian untuk renovasi rumah . Dirinya menjelaskan apa saja keuntungan dan kerugian dalam pekerja harian.

Untuk keuntungan menggunakan pekerja harian, penghuni bisa memantau pekerjaan pembangunan dari segi kualitas. Pasalnya, penghuni bisa menentukan kualitas dengan cara berbelanja sendiri bahan-bahan (material) yang diperlukan.

Tentunya, bila berbelanja bahan-bahan (material) sendiri, penghuni bisa memilih kualitas bahan dan spesifikasi yang diinginkan.

Keuntungan lainnya, ungkap dia, hasil pekerjaan relatif rapi lantaran tukang tidak merasa terburu-buru dalam pengerjaannya.

“Kualitas bisa pantau. Kalau tukang harian kerja lama, keuntungan buat dia. Lihat kerapihannya juga. Owner kontrol. Kalau kurang sreg, bisa diganti juga karena dia harian,” ucapnya.

Untuk kerugian (minus) tukang harian, disebutkannya, biaya yang dikeluarkan untuk tukang akan membengkak bila si penghuni merasa tidak suka terhadap pekerjaan yang telah dikerjakan. Apa yang harus dilakukan?

“Karena enggak sreg, bongkar. Begitu ada kata bongkar kita keluarkan uang lagi, material terbuang. Bisa nambah budget agar kepuasan owner lebih rapi, tapi waktu pekerjaan jadi lebih lama dari perkiraan,” jelas dia.

Kerugian (minus) renovasi rumah dengan tukang harian lainnya, bila tukang yang digunakan tidak bekerja secara profesional, maka biasanya mereka akan mengulur-ngulur waktu proses pengerjaan dengan tujuan agar upah yang mereka dapatkan lebih besar.

Akan tetapi, jelasnya, hal ini bisa diminimalisir dengan cara bila penghuni mempunyai waktu luang, bisa melakukan pengawasan setiap hari di lapangan. Atau, bisa dengan cara bila penghuni tidak mempunyai waktu luang namun mempunyai budget lebih, maka bisa menyewa seorang supervisor atau pengawas di lapangan.

“Tergantung owner cukup enggak waktunya untuk kontrol? Kalau budget lebih, bisa hired supervisor. Supervisor akan berikan laporan ke owner. Perusahaan besar, biasanya dia yang namanya manajer konstruksi,” terangnya.