Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Yuk, Percantik Taman dengan Air Terjun Buatan

 Taman dapat mengubah energi negatif akibat rutinitas sehari-hari yang monoton menjadi energi positif. Menurut penelitian, taman juga bagus untuk seseorang yang jarang keluar rumah.

Apabila saat ini Anda sudah punya taman di rumah dan merasa bosan dengan tampilannya yang kurang aktraktif, mungkin air terjun buatan (artifiasial) bisa menginspirasi.

Cara mendapatkannya pun sangat mudah, bisa membeli jadi dari penjual-penjual bunga dan peralatan taman, atau memesan sesuai selera lewat tukang taman.

Soal harga, memang relatif mahal. Biaya pembuatan berikut material dan jasa dipatok kisaran Rp750 ribu/M2 untuk yang berbahan dasar semen dan batu kali.

Sementara jika menggunakan material batu merah lahar gunung, ongkos pengerjaan hingga selesai dikenakan Rp1 juta per meter persegi.

Harga terbaru ini didapatkan dari Rifai Setiawan, Kontraktor Lansekap Alam Asri, Jakarta Barat. Menurutnya, bila ingin membuat air terjun buatan hal pertama yang perlu diperhatikan adalah lebar dinding di taman minimal tiga meter.

Biasanya, ornamen taman ini dilengkapi kolam ikan berukuran kecil hingga sedang di depannya. Sebagai pelengkap, Anda boleh menambahkan tanaman air seperti seroja dan teratai agar lebih alami.



Bagi Anda yang memiliki bujet minim plus lahan taman terbatas, desain air terjun diatas cocok ditiru. (Sumber: gtrinity.com)

Sirkulasi air

Air terjun buatan dirancang berputar dengan menggunakan pompa air bertenaga listrik. Pompa ini bisa dipasang pada kolam atau umumnya disembunyikan di bawah konstruksi air terjun.

Untuk menampilkan nilai estetika yang optimal, sebaiknya pilih opsi kedua. Akan tetapi jika terasa sulit saat memasangnya, maka pompa air bisa diletakkan di antara tanaman air.

Supaya jatuhnya air lebih dramatis, sebagian tukang taman profesional menawarkan konsep menarik yang bisa Anda minta.

Salah satunya dengan menggunakan kaca di tiap tepi undakan, atau membuat beberapa lubang di pipa paralon atas. Seperti contoh gambar dibawah ini..


(homeideasgallery.com)


Manfaat bagi kesehatan

Penyakit insomnia atau sulit tidur rupanya dapat disembuhkan dengan terapi suara gemericik air. Dikutip dari laman dailymail.co.uk, seorang profesor dari Pennsylvania State University menuturkan, bahwa suara gemericik air bisa membuat otak dan perasaan makin tenang.


(Sumber: gardengnomesetc.warhead.com).

Ketika otak dan perasaan tenang, maka kondisi ini bisa menstimulasi seseorang untuk tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Gemericik air juga mampu membuat suara lain di sekitar tersamarkan, yang bisa memicu perasaan damai dan menenangkan.

Nah, bagi Anda yang merasa beberapa waktu belakangan mengalami gangguan susah tidur, sepertinya terapi tersebut layak diterapkan.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, air terjun buatan juga bisa menjadi ruang relaksasi di dalam rumah setelah seharian beraktivitas.

 

Sumber : (www.rumah.com)