Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Pendingin ruangan atau lebih dikenal dengan AC (Air Conditioner) merupakan salah satu jenis barang elektronik yang populer digunakan di rumah maupun apartemen. Terutama untuk lokasi hunian yang berada di kawasan beriklim panas dan lembap.

Sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat rumah sejuk tanpa AC. Namun kembali lagi ke tingkat kebutuhan masing-masing keluarga.

Banyaknya varian merk dan teknologi yang terdapat pada AC di pasaran, membuat Anda dituntut lebih jeli sebelum memutuskan untuk membeli.

Berikut kami sajikan apa saja yang harus diperhatikan saat memilih AC, dikutip dari sejumlah sumber.

Cari yang hemat listrik

Seringkali sebagian orang mengabaikan spesifikasi watt yang ada dalam AC. Tak jarang mereka lebih mementingkan harga murah dibanding yang hemat energi.

Bila bingung memilih, fitur inverter yang saat ini sudah santer dipergunakan oleh sejumlah produsen AC bisa menjadi alternatif.

Kelebihan AC berteknologi ini adalah hanya diperlukan waktu singkat untuk mencapai suhu ruangan yang diinginkan. Kedua, tarikan pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan AC yang tidak dibekali teknologi inverter.

Selain itu, AC tipe ini lebih hemat energi karena menggunakan sumber daya 30% lebih kecil dibanding AC biasa. Terakhir, fluktuasi temperatur pada AC inverter hampir tidak pernah terjadi.

Kendati Anda telah membeli AC rendah watt, bukan berarti Anda tidak diharuskan menghemat energi.

Salah penggunaan justru dapat menyebabkan pemakaian listrik membengkak. Berikut cara yang benar dalam memperlakukan AC di rumah;

   1. Pilih AC sesuai luas ruangan yang hendak dipasang. Karena kapasitas yang tidak sinkron dapat menyebabkan AC tidak bekerja dengan efisien dan malah meningkatkan tagihan listrik Anda.


    2. Atur suhu pada 25 derajat celcius atau setara dengan tingkat kenyamanan Anda.


    3. Gunakan pengatur waktu atau timer, dan sebaiknya matikan AC minimal satu jam sebelum bangun tidur agar mencegah kedinginan pada tubuh.


    4. Bersihkan filter AC secara teratur, dan jangan lupa untuk servis setidaknya empat bulan sekali.


agar AC hemat listrik


Pertimbangkan segi kesehatan


Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan-perusahaan elektronik mulai membuat AC dengan teknologi yang mampu membunuh virus dan bakteri, yakni plasmacluster.

Tentu kondisi ini ideal bagi Anda yang mengutamakan kesehatan anggota keluarga di dalam rumah .

Uji coba untuk membuktikan kebenarannya dilakukan di sejumlah universitas terkemuka di beberapa negara termasuk Indonesia.

Di laboratorium biologi Institut Teknologi Bandung, tim peneliti mencoba melihat kemampuan dan efektivitas teknologi tersebut dalam menyapu bersih bakteri dan jamur.

Percobaan dilakukan di ruangan seluas 320 meter persegi, dengan kelembapan rata-ratanya 80%. Hasilnya, ion negatif dan ion postif yang terkandung dalam plasmacluster mampu memberantas bakteri dan jamur dalam waktu enam jam.

Kondisikan dengan tingkat kebutuhan


Umumnya, beberapa orang berpikir bahwa AC ½ PK (Paardekracht/ tenaga kuda) pas untuk ruang berukuran kecil.

Sebaliknya, ruang besar membutuhkan AC 2 PK, tanpa mempertimbangkan tingkat kebutuhan. Jarang disadari, ternyata ada rumus menghitung kapasitas AC berdasarkan ukuran ruang.

(L x W x H x I x E) / 60 = kebutuhan BTU (British Thermal Unit)*


L =  Panjang ruang (hitungan kaki)

W = Lebar ruang (hitungan kaki)

I =  Nilai 10 jika ruang berinsulasi (berada di lantai bawah, atau berhimpit dengan ruang lain). Nilai 18 jika ruang tidak berinsulasi (di lantai atas).

H = Tinggi ruang (hitungan kaki)

E = Nilai 16 jika dinding terpanjang menghadap utara, nilai 17 jika menghadap timur, nilai 18 jika menghadap selatan; dan nilai 20 jika menghadap barat.

1 Meter = 3,28 kaki persegi

Maka kapasitas AC berdasarkan PK adalah;

AC ½ PK = ± 5.000 BTU/jam

AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/jam

AC 1 PK = ± 9.000 BTU/jam

AC 1½ PK = ±12.000 BTU/jam

AC 2 PK = ±18.000 BTU/jam

Atau untuk pengertian lebih mudahnya, AC ½ PK dapat menjangkau ruangan dengan luas 6-10 meter persegi.

Lalu ¾ PK untuk ruang 9-14 M2, 1 PK untuk ruang seluas 11-18 M2, dan AC 1,5 PK bisa menjangkau ruang seluas 15-24 M2.

Sementara AC 2 PK bisa dipasang pada ruang seluas 22-36 M2, dan 2,5 PK pada area 20-48 M2.

*BTU adalah perhitungan suatu kebutuhan kapasitas AC untuk ruangan yang akan digunakan agar diperoleh hasil yang hemat dan optimal.

 

Sumber : (www.rumah.com)