Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Di tengah kecenderungan hunian masa kini yang berukuran semakin mungil, ruang tamu bisa menjadi masalah tersendiri. Terutama saat perayaan Idul FItri di Indonesia sungguh istimewa.

Sanak saudara yang tinggal jauh pun rela bertandang untuk saling bersilaturahim dan berkumpul di ruang tamu rumah Anda pastinya.

Beruntung, kontributor Houzz, Laura Gaskill menemukan cara untuk membuat ruang tamu berukuran sempit menjadi istimewa dan nyaman. Simak caranya berikut ini:

Pertama, gunakan cermin dan kertas dinding (wallpaper) untuk mengisi ruang tamu Anda. Ruang tamu berukuran kecil, terutama ruang tamu tanpa jendela, bisa terasa sangat sempit. Menciptakan titik fokal dengan cermin bisa meningkatkan cahaya dan memberikan ilusi ruang berukuran lebih besar.

Cobalah menempatkan sofa untuk dua orang (love seat) di depan permukaan yang sudah dilapisi kertas dinding. Letakkan meja kecil di kedua sisi sofa dan letakkan lampu meja di kedua permukaannya. Pastikan Anda membuat penataan simetris.

Jika masih ada ruang, gunakan ottoman sebagai meja kopi, kemudian tambahkan satu atau dua kursi berukuran kecil.

Kedua, meski ruang tamu Anda berukuran kecil, Anda tentu masih membutuhkan ruang penyimpanan. Gunakan ruang-ruang tersembunyi untuk meminimalisir barang menumpuk.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan meja kopi dari peti antik atau menambahkan kredensa yang bisa menyimpan jauh lebih banyak barang ketimbang meja konsol.

Ketiga, gunakan furnitur berukuran kecil. Tidak perlu benar-benar mungil hingga membuat interior rumah Anda tampak janggal. Pastikan saja Anda menggunakan furnitur dengan ukuran yang pas di ruangan Anda.

Bentuknya pun perlu Anda perhatikan. Bentuk sofa yang bisa Anda gunakan tidak perlu tebal seperti sofa pada umumnya.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan kursi yang menyatu dengan bagian bawah jendela, daybed, atau armchair. Coba juga sofa tanpa sandaran.

Keempat, cobalah menggunakan furnitur tembus pandang. Meja dan kursi akrilik tembus pandang membuat interior ruangan seolah kosong. Tambahkan selimut atau bantal untuk membuat interior tampak hangat.

Kelima, tambahkan tanaman hijau. Tanaman dalam pot membuat interior terasa lebih dalam dan menghaluskan pojok-pojok rumah.