Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Salah satu bentuk investasi properti yang cukup menjanjikan adalah rumah toko atau yang lebih dikenal dengan ruko. Tidak hanya di Jakarta, investasi ruko juga berkembang di kota-kota lainnya seperti di Bandung. Untuk itu, kenalilah terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari memiliki sebuah ruko.

Kelebihan memiliki sebuah rumah toko adalah sebagai berikut:

1. Permintaan sangat tinggi

Pada dasarnya, ruko digunakan oleh pemilik atau penyewa sebagai tempat berbisnis. Untuk itu ruko yang berada di daerah bisnis yang ramai dan memiliki prospektif secara ekonomis seperti di dekat pasar ataupun pinggir jalan raya, dekat dengan pusat perbelanjaan, serta pusat hiburan sebuah kota dapat dipastikan akan sangat diminati.

2. Jangka waktu sewa lebih lama

Berbeda dengan properti rumah , ruko biasanya di sewakan pada jangka waktu yang lebih lama yaitu 2 atau 3 tahun. Jika penyewa memang sudah merasa cocok dengan di lokasi ruko tersebut dan dapat memberikan keuntungan tentu saja kontrak sewa akan lebih lama. Bahkan penyewa akan memperpanjang masa sewa jika bisnis yang dijalankan belum berkembang atau belum mendapat  titik impas atau break even point

3. Return of investement bisa lebih cepat

Tingkat pengembalian pada investasi ruko akan lebih besar dan cepat jika dibandingkan dengan bisnis rumah sewa dengan  tarif sewa bisa berkisar 6% – 9% dari harga ruko.

Selain keuntungan yang menjanjikan, Anda juga harus mengetahui beberapa kekurangan jika memiliki ruko. Properti ini sangat bergantung pada kondisi lokasi. Ruko yang berada di lokasi ramai atau pusat bisnis, tarif sewanya akan tinggi. Sedangkan jika lokasi ruko tersebut sepi dan tidak menguntungkan bagi penyewa maka harga sewa akan cenderung sangat murah. Selain itu kondisi pasar juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan ruko. Di saat kondisi pasar membaik, pelaku bisnis akan berlomba-lomba untuk menyewa dengan harga yang cukup tinggi juga, sebaliknya saat iklim pasar tidak membaik, bisa jadi harga sewa akan ikut turun dan penyewa memilih pergi dan meninggalkan ruko tersebut.