Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Inspirasi Desain Ruang Cuci Minimalis

RumahCom – Laundry room alias ruang cuci dan setrika bisa dianggap sebagai salah satu ruangan yang wajib dimiliki di rumah Anda. Selain mengurangi kesan berantakan, suara bising yang dikeluarkan mesin cuci ketika beroperasi setidaknya membuat Anda perlu ‘menyembunyikannya’ di satu ruangan tersendiri.

Lalu bagaimana jika tak ada ruangan yang tersisa untuk membuat laundry room? Jangan khawatir, dengan lebar kurang lebih 2 x 2 meter persegi, Anda bisa kok membuat bilik kecil untuk menyulap pakaian kotor menjadi bersih kembali.

 

Simak beberapa inspirasi dan tips yang dikutip dari bhg.com berikut ini.

Buat Ruangan Laundri Berbentuk L

laundroom2

Untuk ruangan berbentuk segi panjang, ruangan berbentuk huruf L sangat pas untuk menata perabot yang dibutuhkan. Di sisi yang lebih pendek Anda bisa meletakkan mesin cuci dan wastafel. Wastafel berfungsi untuk menyikat pakaian dengan noda membandel sekaligus untuk mencuci tangan.

 

Sementara di sisi lainnya diisi dengan lemari, keranjang baju kotor dan area menyetrika. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra luas, maksimalkan tiap sudut ruang laundry dengan mendesain lemari customized.

Menyetrika dengan nyaman

laundroom

Membuat ruang yang nyaman untuk menyetrika dan melipat baju bukan hal yang sulit. Gunakan papan setrika dan kursi lipat yang bisa disembunyikan di sela-sela lemari. Anda bahkan bisa mendesain papan setrika lipat yang menempel pada lemari agar lebih praktis.

 

Untuk membuat aktivitas lebih menyenangkan, tak ada salahnya meletakkan kipas angin, televisi atau radio di samping Anda.

Menata peralatan laundry

laundroom3

 

Cukup banyak benda yang harus ditata pada sebuah ruang laundry yang sempit. Untuk itu, Anda perlu meletakkan lemari bersekat untuk menyimpan semua kebutuhan mencuci. Mulai dari deterjen, pelembut pakaian, pemutih pakaian, sikat baju, setrika, hanger, dan area sisa untuk menyimpan baju. Pastikan area penyimpanan baju terpisah dengan peralatan mencuci, ya!

Solusi praktis dengan tirai

laundroom6

 

Tirai atau gorden tidak hanya berfungsi menutup jendela. Gunakan tirai sebagai alternatif murah meriah pengganti pintu. Dengan begitu rumah Anda akan tetap terlihat  rapi jika dilihat dari ruang keluarga.

Pilih lokasi yang tepat

laundroom4

Untuk beberapa rumah dengan luas bangunan di atas 200 meter persegi, ruang laundryumumnya terletak di basement dekat garasi. Hal ini demi mengurangi suara bising yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, untuk rumah dengan ukuran lebih kecil , ruang laundry juga bisa di desain dekat dapur atau dekat teras belakang. Ini akan mempermudah Anda ketika ingin menjemur pakaian di belakang rumah.

Sumber (www.rumah.com)