Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Punya rumah baru biasanya bikin hati semangat beli perabotan dan menatanya sesuai keinginan. Seperti dirasakan Junita (29), pegawai swasta yang belum lama menikah. Rumahnya di bilangan Jakarta Timur sudah mulai dipenuhi pernak-pernik Doraemon.

"Iya, karena aku suka banget kartun Doraemon, jadi rumahku juga aku isi dengan nuansa itu," katanya.

Meski begitu, ia sempat merasa kewalahan ketika harus menata beberapa bagian seperti ruang tamu dan kamar pribadi. Hal itu lantaran ada perbedaan selera antara dirinya dan sang suami.

"Paling susah sih kayaknya ruang tamu. Aku inginnya yang simple saja, sementara suami maunya yang agak ramai," ujarnya.

Sebenarnya, tidak ada aturan baku dalam menata beberapa bagian rumah. Tapi, khusus ruang tamu, Anda perlu beri perhatian ekstra. Kenapa? Karena bagian ini menciptakan kesan pertama seseorang ketika berkunjung ke rumah Anda.

Berikut lima kesalahan dalam menata ruang tamu:

1. Lupa meletakkan meja
Alih-alih memilih konsep simple dan sederhana, ketidakhadiran meja di ruang tamu justru membuat ruangan kaku dan tidak fungsional. Kalau ada tamu datang, dan disuguhi segelas sirup, mau ditaruh di mana gelasnya?.

2. Memasukkan terlalu banyak benda seni
Boleh saja menempelkan lukisan di dinding ruang tamu, tapi jangan terlalu banyak. Bisa-bisa ruangan tersebut dianggap sebagai galeri seni yang mungkin tidak memberi kenyamanan bagi tamu.

3. Ukuran karpet yang tidak proporsional
Karpet merupakan salah satu item yang dapat mempercantik sebuah ruangan. Tapi, hati-hati. Jika luas ruangan Anda kecil, jangan pernah menggelar karpet berukuran besar. Hal ini membuat kesan 'penuh'. Sesuaikan karpet dengan ukuran ruangan.

4. Pencahayaan yang terlalu terang
Ruang tamu yang diberi pencahayaan terlalu terang akan memberi kesan silau dan tidak nyaman. Sebaiknya, berikan pencahayaan yang teduh.

5. Dinding dan perabot memakai satu warna
Misal, dinding dicat putih, sofa dan meja juga putih. Hal ini justru membuat ruang tamu sangat kaku. Berikanlah paduan warna yang harmonis agar lebih seimbang.