Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Seperti profesi lain, jadi broker Properti juga butuh proses jadi sukses. Prinsip-prinsip seperti kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan kerja tuntas perlu dipegang setiap orang yang ingin sukses di bisnis properti , termasuk jadi broker properti. Siapapun anda, apakah tertarik atau belum untuk jadi broker properti, mungkin bisa menerapkan sebagian atau seluruh tips berikut, dalam bisnis, profesi dan karir anda.

Tips pertama adalah Mulai pahami, apa itu properti. Sering kali kita latah menyebut kata properti, tapi tidak mengetahui apa saja yang termasuk dalam properti. padahal kita sering kali berhubungan dengan properti, dengan atau tanpa kita sadari. Ketika kita bicara properti, maka didalamnya termasuk tanah, gudang, rumah, apartemen, ruko, kos-kosan, pabrik, SPBU, hotel, dll. Jadi tanah dan semua yang berdiri di atasnya bisa kita sebut sebagai properti. Ketika nyebut properti, mungkin awalnya kita akan berpikir, batasannya hanya rumah, ruko dan kos-kosan. Itulah yang terjadi dengan saya pada awalnya, namun ketika saya mulai masuk ke properti, saya mulai paham bahwa banyak sekali properti dan bisnis yang ada di atasnya. Memahami properti tentu tidak bisa hanya berdasarkan teori. Kita perlu praktek, berdiskusi, mempromosikan dan terlibat memahami lebih lanjut.

Tips kedua Cobalah bertransaksi properti. Jika memungkinkan anda bisa bertransaksi sendiri, atau seolah-olah anda akan bertransaksi. ini juga jadi pengalaman menarik, karena anda akan dikenalkan istilah yang anda belum pahami sebelumnya. Ketika saya bertransaksi properti pertama kali, saya beli rumah seharga 14 juta rupiah. Disana saya mulai kenal Notaris, untuk mengesahkan proses jual beli saya dengan Pengikatan dan Akta Jual Beli (AJB). Ketika saya bertransaksi properti yang lebih besar, saya mulai kenal pajak untuk penjual maupun pembeli. Ada istilah PPH untuk penjual dan BPHTB untuk pembeli. Ketika anda jadi broker properti, istilah-istilah tersebut perlu anda pahami terlebih dahulu.

Tips ketiga: Cobalah jadi Refferal. Sebelum anda berprofesi sebagai broker profesional, anda bisa menjadi Refferral alias bekerjasama dengan broker properti profesional dari International Brand seperti Century21, Ray White, ERA atau lainnya. Dengan kerjasama, anda bisa dapat ilmu dari partner anda tersebut. anda juga tidak harus meluangkan waktu terlalu lama, ketika anda baru memulai dan belum bisa mengharapkan penghasilan tetap dari profesi ini. Dengan jadi Refferal, anda hanya perlu, menemukan properti yang dijual, owner dan mempertemukan dengan partner yang broker profesional. Jadi anda bisa mendengar, apa yang dibicarakan sang Broker Profesional dan owner. Anda bisa dapat ilmu gratis bukan??

Tips keempat: Bergabunglah dengan perusahaan Broker Properti. Ada International Brand dan ada Local Brand. Saya pribadi di Century21 Hebat Group berkantor di Ruko Casagrande Jogja, dan belajar bersama sahabat broker Century21 lainnya. Setiap Brand akan berikan training, untuk bekali anda berbagai aspek pengetahuan di properti, sehingga anda layak bertemu dengan owner, buyer serta pihak lain yang akan bantu transaksi anda seperti notaris dan pihak perbankan.

Tips kelima: Perbanyak Listing. Seperti halnya bisnis lain, jadi Broker Properti menjual produk atau jasa. Nah produk kita rumah, kos-kosan, ruko, pabrik, SPBU dll. jadi mulai sekarang, pasang mata dan telinga, untuk memiliki dan perbanyak barang dagangan. Ketika tahu ada properti dijual , pompa keberanian anda, temui mereka. Bertanyalah seolah-olah anda pembeli yang sangat ingin tahu detil propertinya, lalu sampaikan dengan sopan, jasa anda membantu menjualkan properti mereka, agar terjual lebih cepat.

Tips keenam: Perbanyak kawan. Perbanyaklah kawan, yang tahu profesi baru anda. seringkali kawan adalah orang yang akan beri kita informasi gratis maupun mereka sebagai Refferal kita. Anda bisa perbanyak kawan dengan ikut kegiatan sosial, komunitas, pasang iklan di koran, internet, sosial media dan seabrek cara lainnya. Yang jelas ketika anda banyak kawan, semakin banyak potensial owner, buyer dan refferal yang akan mengenal anda berprofesi sebagai Broker Properti Profesional .

Tips ketujuh
justru terpenting adalah Jaga semangat Anda. Banyak orang masuk sebuah profesi atau bisnis, dan bayangkan manisnya income atau bonus. Cukup banyak di antara mereka, yang lupa hukum proses. Hukum yang menuntut kita menanam sesuatu sebelum menuai hasilnya.