Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Jaman dulu ketika bicara tentang tanaman rambat, ingatan semua orang hanya tertuju pada satu jenis tanaman saja yaitu sirih atau alamanda saja. Namun setelah mengalami perkembangan ide dan ekspolarsi, ternyata banyak tanaman rambat lain yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan taman dan rumah.
 
Menggunakan tanaman rambat untuk memperindah tampilan rumah juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu carport mobil atau pergola. Jika suka menggunakan tanaman ini keuntungan utama yang bisa didapat adalah biaya pembuatannya jauh lebih hemat dibanding dengan pemakaian atap biasa. Selain itu tampilannya jadi terlihat lebih unik, segar dan sejuk. 
 
Selain itu tanaman rambat juga bisa dipakai untuk membuat pagar. Caranya tinggal dikombinasi dengan pagar logam atau kayu yang dijadikan sebagai media rambat. Lalu jika ingin membuat taman namun lahan yang tersedia sangat terbatas, masalah ini bisa diatasi dengan cara membuat taman vertikal dan menggunakan beberapa jenis tanaman rambat sebagai tanaman utamanya.
 
Balkon juga bisa diperindah bentuknya dengan tanaman ini. Pagar dan atap adalah media yang bisa menjadi tempat tumbuh dan difungsikan untuk menciptakan kesan yang lebih indah, sejuk dan segar pada balkon tersebut. Jadi secara umum, tanaman rambat bisa dijadikan alternatif bagi mereka yang ingin membuat suasana rumah menjadi lebih hijau dan alami namun tidak punya lahan yang cukup untuk membuat taman. 
 
Selain sirih dan alamanda seperti yang telah disebut di atas, ada beberapa jenis tanaman rambat lain yang bisa di tanam di daerah tropis seperti Indonesia. Misalnya melati Costa yang aslinya berasal dari Afrika namun telah dibudidayakan di negara ini. Kelebihan tanaman ini bunganya bisa berubah warna dalam satu periode mekar. 
 
Ketika pertama kali muncul warnanya ungu. Namun lama kelamaan bisa berubah menjadi putih dan wujudnya tetap terlihat segar. Karena berdaun rimbun serta bunganya banyak, melati Costa sangat bagus diletakan di sekitar jendela dan pintu.
 
Selain itu ada tanaman rambat lain yang sangat cocok dipakai untuk membuat atap pergola dan carport, yaitu Passiflora incarnate. Daya tarik utamanya terletak pada bunga yang warna maupun tampilannya sangat atraktif. Tanaman ini aslinya berasal dari Amerika Tenggara. 
 
Tanaman rambat lain yang juga bagus untuk pergola dan atap adalah Flame of Irian yang adalah tanaman asli Indonesia dan berasal dari Papua. Tanaman ini setelah dewasa bunganya akan terus muncul dan mekar sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Yang lebih menarik lagi, Flame of Irian arah tumbuhnya adalah ke bawah, jadi keindahan bunganya bisa dinikmati dengan jelas.
 
Arumdalu juga berasal dari Indonesia dan dulu sering digunakan sebagai tanaman pagar rumah tradisional  yang ada di daerah Jawa. Bunga ini hampir mirip dengan bunga melati namun lebih harum dan wangi terutama pada waktu malam. Jika bunga melati tangkainya berwarna putih, tapi pada bunga arumdalu warnanya sangat kontran dan mencolok yaitu jingga atau oranye. Sedang kelopaknya sama, yaitu putih bersih. 
 
Tanaman rambat lain yang dapat ditanam di rumah sebenarnya  masih banyak lagi seperti bunga mawar, clemantis, thunbergia, mandevilla, hedera helix dan sebagainya. Masing-masing punya spesifikasi tersendiri dan sistem dan penerapannya harus bisa disesuaikan dengan baik.
 
Kemudian untuk perawatannya, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tanaman hias yang lain. Namun pada umumnya hampir semua jenis tanaman rambat membutuhkan air yang lebih banyak sehingga harus disiram setiap hari pagi dan sore terutama pada saat musim panas. Jika ada daun atau batang yang kering harus segera dipotong secepat mungkin agar tidak busuk dan membuat tampilannya tidak menarik lagi.
 
 
Sumber : http://imagebali.net