Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Mezzanine adalah ruang yang terbentuk di atas sebuah ruangan yang telah ada. Secara umum, mezzanine merupakan ruang yang terbuka dan dapat dilihat dari bawah. Mezzanine dibuat untuk memanfaatkan ruang semaksimal mungkin dengan fungsi khusus. Desain dari mezzanine bergantung pada bagaimana ruang tersebut akan digunakan.

Mezzanine bisa menjadi kunci untuk menciptakan keindahan pada desain interior. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain sebuah mezzanine. Berikut ini tips dalam mendesain sebuah mezzanine:

1.Perhatikan area ruang yang tersedia


Sebelum membuat mezzanine, Anda perlu merencanakan dengan baik. Jika tidak direncanakan, mezzanine dapat memakan banyak area yang berakibat rumah menjadi  terasa sempit. Namun apabila area yang tersedia tidak cukup luas, maka gunakan mezzanine untuk aktivitas tertentu saja.

 

2. Tentukan fungsinya



Anda perlu menentukan untuk apa mezzanine tersebut dibuat, misalnya tempat tidur, perpustakaan, atau area kerja. Yang perlu diperhatikan adalah area yang terpakai cukup untuk memenuhi kebutuhan dari fungsi mezzanine tersebut. 

 

3. Pemilihan material



Perhatikan bahwa material yang digunakan tidak hanya untuk keindahan semata, tetapi juga harus kuat agar mampu menompang segala aktivitas yang terjadi. Anda dapat menggunakan material seperti kayu, baja ringan, atau beton. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan material yang transparan untuk menciptakan suasana yang lebih terbuka dan terang seperti kaca atau grills.

 

4. Perhatikan ruang di atas dan bawahnya



Pastikan ruang di atas dan bawah mezzanine Anda memadai. Ruang di atas harus cukup untuk Anda berdiri dan bergerak. Ruang di bawah juga harus berfungsi, misalnya untuk sirkulasi. Namun apabila tidak memungkinkan, dapat dijadikan tempat penyimpanan.

 

5. Peletakan tangga yang tepat



Dalam mendesain mezzanine, sangatlah penting untuk meletakkan tangga di posisi yang tepat. Dan juga perlu diperhatikan keamanan dari tangga tersebut. Anda dapat membuat ide desain yang tangga yang menarik, tetapi pastikan bahwa posisi dan keamanannya sudah benar.

 

6. Suhu dan sirkulasi udara



Perhatikan suhu dan sirkulasi udara ruangan dalam rumah. Apabila suhu di dalam rumah tinggi , maka di mezzanine akan menjadi lebih panas. Anda dapat menggunakan material yang tidak menyerap panas pada interior maupun furniturenya.

 

7. Pencahayaan



Tentukan pencahayaan yang tepat dengan fungsi mezzanine Anda. Pastikan bahwa pencahayaan di mezzanine dan ruang di bawahnya terkontrol secara terpisah sehingga anda menyalakan atau mematikan lampu meskipun Anda tidak sedang berada di mezzanine.

 

8. Pemilihan furniture



Furniture yang Anda gunakan akan bergantung pada fungsi dan penggunaan dari mezzanine Anda. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa furniture tersebut haruslah nyaman. Disarankan menggunakan furniture yang ringan sehingga mudah dipindahkan dan mezzanine semakin mampu menopang bebannya.

 

Sumber : http://homedesignlover.com/home-design/how-to-design-a-mezzanine/