Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

tanaman obat tradisional mulai banyak dilirik dan masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan anak maupun orang dewasa. Tanaman obat keluarga atau biasa disingkat Toga merupakan tanaman yang bisa dibudidayakan di pekarangan rumah dan mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional.

Hasil dari beberapa penelitian membuktikan bahwa obat tradisional yang di ramu dari tanaman obat lebih mudah dicerna oleh tubuh dan tidak terlalu menyebabkan efek samping. Mungkin, beberapa tanaman obat tradisional di bawah ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk menanam di pekarangan rumah dan bisa menjadi apotek hidup di rumah.

Seledri
Sayur hijau yang rendah kalori ini selain biasa digunakan sebagai penambah aroma masakan, juga bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga. Seledri mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1 dan zat besi lainnya seperti kalium, mineral dan zat besi. Dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan yang hilang, menghindarkan dari kanker perut dll.
Daun Sirih

Tumbuhan yang hidupnya biasanya menumpang dan merambat di dahan pohon ini telah digunakan secara turun-temurun sejak jaman dahulu. Tanaman ini sangat baik untuk menghentikan mimisan, caranya remas daun sirih hingga memar, kemudian gulung, dan sumbatkan pada bagian hidung yang mimisan.

Masih banyak lagi khasiat dari resep obat tradisional ini, di antaranya untuk menghilangkan bau badan, menyembuhkan penyakit kulit, melancarkan datang bulan, mempercepat proses penyembuhan luka bakar, mengobati batuk dan sariawan, serta sebagai obat kumur alami untuk membunuh bakteri aktif dalam mulut.

Tanaman Obat Daun Kelor

pohon kelor dianggap sebagai pohon ajaib karena tanaman ini bisa menjadi obat yang murah tapi manjur dalam mencegah dan mengobati banyak penyakit, khususnya di negara-negara miskin.

Daun kelor bermanfaat untuk mengobati panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan serum kolestrol alamiah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, memelihara sistem imunitas tubuh, mendukung kadar gula dalam tubuh dll.

Daun Kemangi

Banyak orang yang sudah menanam tanaman kemangi di pekarangan rumahnya. Seringnya tanaman ini biasanya hanya digunakan untuk lalapan saja. Padahal, kemangi ini memiliki banyak sekali manfaat obat tradisional bagi kesehatan. Salah satu fungsinya adalah untuk menetralisir racun yang mungkin saja terbawa pada makanan, terutama makanan yang dibakar.

Cabai

Bagi orang Indonesia, makan belum lengkap tanpa sambal.  Untuk menyiasati harganya yang terus meroket, Anda bisa menanam cabai sendiri di taman rumah Anda . Selain tidak perlu perawatan khusus, tanaman cabai mudah tumbuh di mana saja, termasuk di dalam pot. Banyak manfaat yang bisa didapat dari cabai, salah satu yang terpenting adalah membantu detoksifikasi dalam tubuh.