Back To Home

Marketing Gallery CitraGran Cibubur: Jl. Alternatif Cibubur Km4, Cibubur.

Musim mudik saat Lebaran jadi masa-masa sulit buat bu-ibu, ya kan? Lebih-lebih buat kamu ibu muda yang pengalamannya mengelola rumah tangga baru seumur jagung. Ketidakhadiran Pembantu Rumah Tangga (PRT) bisa bikin panik bahkan stres.

Meski gak ada PRT, rumah tetap kudu dibersihkan. Ya apa lagi namanya kalau bukan beberes rumah.

Nah, gimana cara beberes rumah tanpa PRT? Jangan pingsan dulu, simak yang berikut ini ya:

Kesatu, Baju kotor? Taruh di Tempatnya!

Jangan biasakan seisi rumah menaruh baju di mana saja. Di kursi, di tangga, di lantai, di tempat tidur, dan sebagainya. Biasakan semua penghuni rumah menaruh baju, kaus kaki, dll bekas pakai di tempatnya, maka ga pake lama saat bersih-bersih rumah.

Kedua, Barang Ga pada Tempatnya? Kembalikan ke ‘Sarang’nya!

Barang-barang apapun, letakkan di tempatnya semula. Katakan hal ini pada semua penghuni rumah. Buku, kaset, CD, gunting, HP, charger, semuanya punya tempat parkir sendiri. Segera setelah digunakan, kembalikan mereka langsung ke tempat ber-tengger-nya.

Ketiga, Ga Usah Menimbun Barang!

Kotak plastik bekas makanan, kotak sepatu, kantong belanja, stoples, panci, apapun itu kalau sudah tak akan digunakan lagi, buang saja! Jangan tergoda membeli pernak-pernik yang sebenarnya kehadirannya tak ada pun ga jadi masalah. Selain menghemat ruang dan tempat/wadah, kamu ga sakit kepala ketika harus beberes rumah tanpa PRT.

Keempat, Hindari Dekorasi Rumah yang Berlebihan!

Rumah yang semarak memang menyenangkan. Tapi, ga perlu berlebihan dekorasinya kalau kamu ga mau repot selagi PRT mudik. Gaya minimalis kadang sangat menolong untuk bisa cepat membersihkan ruangan. Semakin sedikit barang yang harus dibersihkan, maka semakin banyak energimu yang tak terbuang.

Kelima, Semangat Cuci Piring!

Seberapa sulit mencuci piring? Ah gak-lah! Yang susah tuh menggerakkan tangan untuk melakukannya, ya kan? Kalau ga segera mencucinya begitu selesai digunakan, maka ga heran jadi menumpuk.

Apalagi kalau dibiarkan berhari-hari. Rumah jadi berbau tak sedap. Lebih baik menghabiskan waktu beberapa menit untuk mencuci tiga sampai lima piring kotor daripada mencuci 15 piring sekaligus, tapi setelah beberapa hari.

Keenam, Rutin Menyapu atau Sedot Debu!

Beberapa menit untuk menyapu atau mem-vakum debu setidaknya dua sampai tiga kali seminggu, lebih ringan mengerjakannya. Kalau dilakukan borongan pada akhir minggu akan menghambat aktivitas lainnya semisal kumpul  keluarga.

Ketujuh, Manfaatkan Peralatan Canggih!

Kalau punya peralatan canggih di rumah jangan disimpan saja, inilah saat tepat untuk menggunakannya, yakni ketika PRT mudik. Sebut saja Sticky lint roller, alat ini berfungsi untuk membersihkan bulu-bulu binatang pada sofa dan serat halus pada pakaian, terutama yang berwarna hitam atau gelap.

Gunakan kontainer penyimpan barang agar barang-barang tak berserakan dan mampir ke bagian yang ga semestinya. Sementara disposible cleaning wipes (lap sekali pakai) bisa digunakan untuk membersihkan tumpahan makanan anak yang berceceran di meja makan atau di lantai secara cepat.

Pilih lap sekali pakai yang mengandung bahan anti-bakterial untuk membersihkan permukaan kitchen set, permukaan kompor, gagang pintu, gagang telepon, remote TV, hingga peralatan mandi.

Kain mikrofiber bisa digunakan untuk menghilangkan debu yang sangat ringan dan mudah beterbangan dari satu tempat ke tempat lain. Kain mikrofiber kamu butuhkan untuk membersihkan debu-debu yang sangat halus.

Secara alami, kain mikrofiber memiliki daya listrik positif yang akan menarik daya negatif dari debu, kotoran, kutu, tungau, bahkan membersihkan benda pada level mikro seperti bakteri.